KKN Posko XX Ikut Menanam Tembakau

LP2M Kamis, 27 Juli 2017 08:35 WIB
3205x ditampilkan Berita Kkn Pengabdian

RUBARU- Tanaman tembakau adalah salah satu komoditas pertanian yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Madura, termasuk masyarakat Mandala, Rubaru, Sumenep. Setiap musim, masyarakat Rubaru tetap menanam tembakau sebagai salah satu komoditas perhatian yang bisa diharapkan untuk menunjang perekonomian mereka.

Bersamaan dengan musim tembakau, masyarakat Mandala, Rubaru merasa senang dengan kahadiran mahasiswi KKN Riset Partisipatif INSTIKA 2017. Pada Rabu (26/07), peserta KKN Posko XX ikut serta bersama masyarakat menanam tembakau sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lahan tembakau tersebut merupakan lahan milik Kades Mandala Rubaru, Bapak Mudellir (54). Karena berhalangan hadir, beliau tidak bisa turut serta dalam penanaman tembakau sehingga digantikan oleh Bapak Idris (42), tetangga beliau serta masyarakat yang lain.

Secara gotong royong, Mahasiswi KKN Posko XX bersama masyarakat menanam tembakau. Hafshah (21), Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) sekaligus ketua Posko XX mengatakan “kemauan kami berbaur dengan masyarakat bukan maksud ingin mendapat simpati dari masyarakat, melainkan hanya untuk beradaptasi, menambah pengalaman, sekaligus meringankan sedikit beban masyarakat.”

“Seharusnya Mahasiswa KKN memang harus seperti itu, berbaur langsung pada masyarakat sekaligus membantu meringankan kendala yang dihadapi masyarakat. Mahasiswa KKN sebenarnya harus pintar-pintar mencari celah kesibukan masyarakat, bukan hanya berdiam diri di dalam penginapan.” Ungkap Bapak Idris yang menemani mahasiswa KKN saat tiba di sawah.

Mahasiswi KKN Posko XX diajari tentang cara menanam tembakau yang benar. Peserta KKN melihat Bapak Idris (45) mencontohkan caranya mencolek tanah yang sebelumnya sudah mengalami proses pemupukan. “Lalu tembakau diletakkan di lubang kecil dan ditimbuni tanah, Namun sebelum mecolek tanah harus disirami air agar tanah yang kita tanami tidak terlalu keras. Beginilah cara menanam tembakau yang baik di Dusun Pandih.” Lanjut beliau saat mengajari penanaman tembakau.

Selain itu, salah satu peserta KKN Posko XX, Ida Lailatul Qamariyah (21), Mahasiswi Jurusan PIAUD mencoba untuk menyiram tembakau menggunakan timba. Hal tersebut merupakan bukti pada masyarakat sebagai salah satu bentuk pengabdian Mahasiswi KKN Posko XX kepada masyarakat.

Selesai membantu menanam tembakau, Mahasiswi KKN Posko XX tiba di Posko jam 10.45 dan disambut oleh Bapak Mudellir (54). “andaikan saya tahu, sudah saya larang kalian ke sawah. Biar kalian di rumah sambil bersih-bersih. Tapi tidak apa-apa, biar jadi pengalaman sekaligus kenangan saat pulang nanti.” Tutur beliau sambil tersenyum (Posko XX, Mandala, Rubaru)