Kegiatan Lomba Kemerdekaan, Memupuk Nasionalisme

LP2M Selasa, 22 Agustus 2017 13:36 WIB
423x ditampilkan Berita Kkn Pengabdian

LENTENG-Kemerdekaan bangsa Indonesia atas penjajahan oleh negara-negara asing sejatinya telah berakhir lama yakni sejak tanggal 17 Agustus 1945 silam. Namun meskipun telah berlalu lama hal tersebut selalu dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia sendiri karena waktu tersebut merupakan waktu yang bersejarah bagi negara Indonesa yang terbebebasnya dari belenggu negara asing yang telah lama menindas rakyat pribumi.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menyambut hari kemerdekaan tersebut. Salah satunya dengan mengadakan lomba-lomba menarik. Di KKN Posko V  Institut Ilmu KeIslaman Annuqayah (INSTIKA) di desa Kambingan Barat Kecamatan Lenteng mengadakan kegiatan “Gebyar Lomba HUT RI Ke-72” dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ketujupuluh dua tahun.

Pafa Kamis yang bertepatan dengan tanggal 17 Agustus di balai Desa Kambingan Barat yang dihadiri oleh seluruh aparatur desa Kambingan Barat secara resmi lomba tersebut dibuka oleh bapak kepala desa Kambingan Barat yakni bapak Zainuddin, SE. Dalam sambutannya beliau mengemukakan bahwa “Kemerdekaan itu bukanlah hal terakhir untuk berjuang, Kemerdekaan selanjutya yang harus dicapai adalah melawan bangsa sendiri di mana hal tersebut yang paling sulit. Dan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan patriotisme yang dikemas dalam bentuk lomba.

Pun beliau juga memberikan himbauan-himbauan moral kepada seluruh masyarakat desa Kambingan Barat dan khususnya KKN di Posko V yang beliau anggap sebagai generasi bangsa yang memiliki entelektualitas tinggi berpesan “jangan mengikuti informasi yang hoax, harus berperang terhadap paham-paham radikalisme dan berperang melawan narkoba” pungkas beliau.

Pada sambutan kedua yang disampaikan oleh K. Ahmadun sebagai kepala sekolah madrasah Diniyah Ziyadatul Ulum, beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta KKN Posko V “ce’ sakengah tade’ ca kancah KKN maka lomba ka’dintoh ta’ pekal terlaksana dan terimakasih atas partisipasinya selama ini atas bantuannya baik yang berupa tenaga maupun pikiran untuk mambatu mengembangkan madrasah Kita, ucap K. Ahmadun.

Lomba yang dilaksanakan oleh para peserta KKN Posko V ini sejatinya telah bekerja sama dengan aparatur desa Kambingan Barat terutama dengan bapak kepala desa. Lomba yang direncanakan akan dilaksanakan empat malam tiga hari yang pembukaannya dilaksanakan tadi malam dan akan ditutup pada hari Minggu malam Senin, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menarik di antaranya dengan memperlombakan lomba-lomba umum untuk semua kalangan di desa Kambingan Barat seperti balap karung, bola joget dan sebagainya sekaligus lomba-lomba edukatif untuk tingkat siswa-siswi seperti pidato, puisi, tartil al-Qur’an dan sebagainya yang khusus untuk madrasah Ziyadatul Ulum. Untuk malam puncaknya sendiri nantinya akan menyuguhkan banyak acara salah satu dengan mengundang tokoh penceramah yang bernama K. Izul Muttaqien, M. Th.I (Posko V/Kambingan Barat)