Posko III Adakan Seminar Entrepreneurship

LP2M Ahad, 5 Agustus 2018 11:04 WIB
1582x ditampilkan Berita Kkn Pengabdian

TALANGO- Kamis (02/08/2018), peserta KKN Riset Partisipatif Posko III Desa Poteran, mengadakan seminar entrepreneurship yang bertemakan “Pemuda dan Kewirausahaan. Acara yang berlangsung pada pukul 14:00 WIB ini dihadiri oleh kepala desa, aparat desa, kepala sekolah, pemuda karang taruna dan perwakilan masyarakat dari beberapa dusun di desa Poteran.

Acara ini berlangsung secara singkat dan padat yang disampaikan oleh Bapak Riza Anami M.S.I, GED, LED, BC. Beliau selaku penyaji menyampaikan dari hasil survei pada tahun 2018, menyebutkan contoh sepuluh orang pengusaha terkaya di Indonesia saat ini. Dari kesepuluh pengusaha tersebut tidak satupun bisnis mereka yang sama, mereka terus berkreasi dan berinovasi bagaimana menciptakan produk yang berbeda dan berpenghasilan kontinuitas atau secara terus menerus. “Semua orang bisa membuka usaha yang sama dengan orang lain asalkan mampu menciptakan ciri khas yang berbeda,” ujar Dosen Instika tersebut.

Harapan dari Penyaji, bagaimana masyarakat mampu mencari peluang bisnis yang sekirannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat poteran itu sendiri.”

“Inisiatif penyelenggaraan acara ini berangkat dari kegelisahan kami terhadap masyarakat Poteran yang banyak memilih Urbanisasi ke Jakarta dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih menjajikan, juga minimnya pemanfaatan SDA dan lahan menjadi penyebab utama dari persoalan ini,” ujar Moh. Syafi’ie Jurusan EBI, peserta KKN Posko III Poteran Talango.

Tindak lanjut dari seminar ini adalah menanamkan midnset terhadap para pemuda untuk memaksimalkan potensi alam desa, dalam hal ini Peserta KKN Posko III akan bekerja sama dengan kepala desa, komunitas karang taruna serta masyarakat desa Poteran dan Talango secara umum. Demikian ungkap salah satu peserta KKN desa poteran, Moh. Rifki.

Penulis: Moh. Ainul Yaqin & Moh. Raihanul Firdaus (Mahasiswa IQT & EBI, peserta KKN Riset partisipatif INSTIKA Posko III Desa Poteran Kec. Talango).