KKN INSTIKA Melakukan Eksperimen Tomat Menjadi Kurma Manis

LP2M Selasa, 1 Agustus 2017 10:11 WIB
241x ditampilkan Headline Berita Kkn Pengabdian

RUBARU-Senin (31/07) peserta KKN Riset Partisipatif INSTIKA, Posko XXII, Desa Bunbarat Kecamatan Rubaru melakukan eksperimen “tomat menjadi kurma manis.” Melihat hasil panen tomat petani desa Bunbarat yang cukup banyak, maka peserta KKN Posko XXII mempunyai inisiatif untuk mengolah tomat menjadi sesuatu yang lebih unik dan menarik.

Ekperimen ini membutuhkan waktu dua hari, yang dimulai pada tanggal 30 Juli, tepatnya pukul 10.30 WIB. Sampai pada keesokan harinya masih dalam proses pengeringan, dengan dijemur di bawah teriknya matahari. Sebab sebelum tomat tersebut dijemur, terlebih dahulu harus direndam selama kurang lebih 12 Jam. Dari ½ kilogram tomat yang diolah dapat menghasilkan 20 bentuk kurma.

Ulafatus Sa’edah dan Nurul Jannah menyampaikan bahwa pada tahap pertama tomat itu dicuci, diiris ujung tomat untuk dibuang bijinya lalu direndam dengan air kapur sirih selama 12 jam. “Sangat mudah melakukan ini jika kita telaten dan sabar, karena proses itu membutuhkan sedikit banyak waktu, namun dengan rasa enak dan manis semuanya tidak akan menjadi sia-sia.” ujarnya sambil tetap mengiris tomat.

Masniyatur Raihanah selaku ketua POSKO XXII menyampaikan, jika ekperimen ini berhasil dengan ½ kilogram buah tomat yang masak, maka akan diterapkan pada masyarakat sekitar melalui PKK.”Supaya buah-buah tomat tidak hanya berakhir menjadi sayur makan saja, akan tetapi juga bisa menjadi makanan ringan, dan dapat dihidangkan pada tamu dengan kemasan toples.” Ujar mahasiswi jurusan PBA itu.

Ibu Kepala Desa Ibu Sunay sangat mengapresiasi dengan ekperimen yang dilakukan oleh peserta KKN INSTIKA Posko XXII. Walau Sebenarnya 1-2 orang masyarakat Bunbarat sudah lama mengetahui cara itu, tapi tidak dipraktekkan, hanya sekedar tahu resepnya. “Percobaan ini, sangat membantu pada Ibu-ibu PKK dan menjadi kegiatan baru bagi mereka.” Ungkapnya ketika melihat tomat yang sudah berbentuk kurma.

Nurul Jannah Mahasiswi Ekonomi Syariah mengatakan jika percobaan ini berhasil ia akan mencoba eksperimen lagi dengan buah yang berbeda “Besok-besok, kita coba buat dari cabe. Cabe pedas akan disulap menjadi cabe manis.” Ujarnya dengan penuh semangat.(Ulfatul Yusro, POSKO XXII Bunbarat)